Selasa, 23 Juli 2013

Tips Cara Format Flashdisk atau Hardisk External Lewat DOS




Format Hardisk External
Tips Cara Format Flashdisk atau Hardisk External Lewat DOS - Beberapa hari yang lalu kawan saya bertanya, bagaimana caranya agar flashdisk/hardisk external di format lewat DOS. Sebenarnya untuk memformat flashdisk atau hardisk external sangat mudah hanya klik kanan kemudian klik kanan pada drive nya kemudian format. mudah sekali bukan untuk memformatnya.



Namun kawan saya tidak mau dengan cara seperti itu, karena terlalu mudah. hadeeh.. jaman sekarang orang mau yang mudah kok ini malah mempersulit. Mungkin kawan saya ingin menunjukan keahliannya didepan teman-temannya dalam bermain DOS atau biasa disebut command prompt.
Dengan sedikit pengetahuan dari pembelajaran dahulu di tempat kuliah akhirnya ane memberikan caranya, dan sangat mudah sekali diikuti bahkan untuk para newbie sekalipun. Hanya mengetahui perintah-perintah pada command prompt.

Berikut ini cara mudah nya format hardisk external lewat DOS atau command prompt : (Dalam hal ini saya menggunakan windows 7 sebagai sistem operasinya dan memformat sebuah hardisk external)
  • Siapkan hardisk external yang akan diformat. Sobat dapat memastikan semua data didalam hardisk external sudah di backup atau dipindahkan. Karena proses format ini akan menghapus semua data-data didalam hardisk.
  • Pasang hardisk sobat di usb port komputer yang tersedia.
  • Ketika hardisk sobat sudah terdeteksi, maka lihat drive mana yang terpakai (dalam hal ini contohnya, hardisk saya terdeteksi sebagai drive G:)
  • Buka command prompt atau cmd dalam menu RUN dan kemudian klik kanan Run as Administrator (Lihat gambar)
CMD pada Windows 7
  • Ketika jendela command prompt terbuka, sobat bisa mengetikan format G: /q (Perintah ini akan mempercepat proses format hardisk sobat yang berada di drive G)
  • Jika dalam proses ini akan ada ada pemberitahuan apakah device ini sudah siap diformat kemudian sobat bisa tekan enter
  • Masukan name volume label pada hardisk external sobat, ketikkan sesuai dengan keinginan sobat. (Lihat gambar)
Format Hardisk External

  •  Selesai sudah.
Dengan mengikuti langkah-langkah dan perintah pada command prompt secara benar sobat dapat dengan mudah memformat hardisk external sobat. Cara seperti ini juga dapat sobat implementasikan dengan menggunakan flashdisk, atau media lainnya. Dan saran IT Newbie jangan sampai salah dalam pemilihan drive, jika salah bisa-bisa data sobat terformat juga karena tidak sengaja.

Semoga tutorial ini dapat bermanfaat untuk sobat yang ingin Format Ulang Hardisk External, flashdisk atau media lainnya, dan dapat menambah wawasan dalam dunia komputer.
Salam IT Newbie.


0 komentar:

Posting Komentar